Home » » Pengertian Bunga atau Kembang

Pengertian Bunga atau Kembang


Tlp.081319200789
SELAMAT DATANG DI TOKO BUNGA JAKARTA  ASYKURA FLORIST DI JAKARTA
SELAMAT BERBELANJA DAN MEMBACA ARTIKEL KAMI.
Kami menjual bunga rangkaian untuk keluar Daerah ke Seluruh Kota di Indonesia.
Dengan gratis biaya ongkos kirim.

Toko Bunga Asykura Florist Menjual berbagai macam Bunga Segar, Bunga Papan, Bunga Ucapan, Bunga Wedding, Bunga Ulang tahun, Bunga Duka Cita, Bunga Bela Sungkawa, Bunga Peresmian, Bunga Valentine, Bunga Buket, Bunga Meja, Bunga Pengantin dan Dekorasi.



 __________________________________________________________________________________

__________________________________________________________________________________

Bunga (dalam bahasa latin: flos) atau kembang adalah struktur reproduksi seksual pada tumbuhan berbunga (divisio Magnoliophyta atau Angiospermae, "tumbuhan berbiji tertutup"). Pada bunga terdapat organ reproduksi (benang sari dan putik). Bunga secara sehari-hari juga dipakai untuk menyebut struktur yang secara botani disebut sebagai bunga majemuk atau inflorescence. Bunga majemuk adalah kumpulan bunga-bunga yang terkumpul dalam satu karangan. Dalam konteks ini, satuan bunga yang menyusun bunga majemuk disebut floret.
Bunga berfungsi utama menghasilkan biji. Penyerbukan dan pembuahan berlangsung pada bunga. Setelah pembuahan, bunga akan berkembang menjadi buah. Buah adalah struktur yang membawa biji.

Fungsi Bunga

Fungsi biologi bunga adalah sebagai wadah menyatunya gamet jantan (mikrospora) dan betina (makrospora) untuk menghasilkan biji. Proses dimulai dengan penyerbukan, yang diikuti dengan pembuahan, dan berlanjut dengan pembentukan biji.

Beberapa bunga memiliki warna yang cerah yang berfungsi sebagai pemikat hewan pembantu penyerbukan. Beberapa bunga yang lain menghasilkan panas atau aroma yang khas, juga untuk memikat hewan untuk membantu penyerbukan.

Manusia sejak lama terpikat oleh bunga, khususnya yang berwarna-warni. Bunga menjadi salah satu penentu nilai suatu tumbuhan sebagai tanaman hias. Melihat bunga adalah refreshing mata paling menarik untuk menyegarkan.
Morfologi Bunga

Bagian-bagian bunga sempurna. 1. Bunga sempurna, 2. Kepala putik (stigma), 3. Tangkai putik (stilus), 4. Tangkai sari (filament, bagian dari benang sari), 5. Sumbu bunga (axis), 6. artikulasi, 7. Tangkai bunga (pedicel), 8.Kelenjar nektar, 9. Benang sari (stamen), 10. Bakal buah (ovum), 11. Bakal biji (ovulum), 12. , 13. Serbuk sari (pollen), 14. Kepala sari (anther), 15. Perhiasan bunga (periantheum), 16. Mahkota bunga (corolla), 17. Kelopak bunga (calyx) Bunga adalah batang dan daun yang termodifikasi. Modifikasi ini disebabkan oleh dihasilkannya sejumlah enzim yang dirangsang oleh sejumlah fitohormon tertentu. Pembentukan bunga dengan ketat dikendalikan secara genetik dan pada banyak jenis diinduksi oleh perubahan lingkungan tertentu, seperti suhu rendah, lama pencahayaan, dan ketersediaan air (lihat artikel Pembentukan bunga). 画 Bunga hampir selalu berbentuk simetris, yang sering dapat digunakan sebagai penciri suatu takson. Ada dua bentuk bunga berdasar simetri bentuknya: aktinomorf ("berbentuk bintang", simetri radial) dan zigomorf (simetri cermin). Bentuk aktinomorf lebih banyak dijumpai.

Tumbuhan Crateva religiosa berbunga sempurna: memiliki stamen dan pistillum. Bunga disebut bunga sempurna bila memiliki alat jantan (benang sari) dan alat betina (putik) secara bersama-sama dalam satu organ. Bunga yang demikian disebut bunga banci atau hermafrodit. Suatu bunga dikatakan bunga lengkap apabila memiliki semua bagian utama bunga. Empat bagian utama bunga (dari luar ke dalam) adalah sebagai berikut:
  • Kelopak bunga atau calyx;
  • Mahkota bunga atau corolla yang biasanya tipis dan dapat berwarna-warni untuk memikat serangga yang membantu proses penyerbukan;
  • Alat kelamin jantan atau androecium (dari bahasa Yunani andros oikia: rumah pria) berupa benang sari;
  • Alat kelamin betina atau gynoecium (dari bahasa Yunani gynaikos oikia: "rumah wanita") berupa putik.
Organ reproduksi betina adalah daun buah atau carpellum yang pada pangkalnya terdapat bakal buah (ovarium) dengan satu atau sejumlah bakal biji (ovulum, jamak ovula) yang membawa gamet betina) di dalam kantung embrio. Pada ujung putik terdapat kepala putik atau stigma untuk menerima serbuk sari atau pollen. Tangkai putik atau stylus berperan sebagai jalan bagi pollen menuju bakal bakal buah.

Walaupun struktur bunga yang dideskripsikan di atas dikatakan sebagai struktur tumbuhan yang "umum", spesies tumbuhan menunjukkan modifikasi yang sangat bervariasi. Modifikasi ini digunakan botanis untuk membuat hubungan antara tumbuhan yang satu dengan yang lain. Sebagai contoh, dua subkelas dari tanaman berbunga dibedakan dari jumlah organ bunganya: tumbuhan dikotil umumnya mempunyai 4 atau 5 organ (atau kelipatan 4 atau 5) sedangkan tumbuhan monokotil memiliki tiga organ atau kelipatannya.

Pembentukan dan Perkembangan Bunga

Terbentuknya bunga sejak lama menjadi perhatian orang, karena banyak nilai ekonomi tanaman budidaya bergantung pada pembentukan bunga. Bunga tidak akan terbentuk sebelum jaringan tempat ia akan muncul telah mencapai tahap kematangan (maturity) tetapi belum terlalu tua (senile).
Pada tumbuhan berbentuk pohon, jaringan yang baru terbentuk atau masih berkembang (juvenile) akan sangat sulit membentuk bunga. Jaringan yang mencapai tahap kematangan sering kali ditandai dengan nisbah karbon-nitrogen (nisbah C-N) yang tinggi. Kandungan karbon tinggi karena telah banyak metabolit tertimbun dalam bentuk polisakarida dalam jaringan tersebut. Pembentukan bunga memerlukan energi yang besar.
Nisbah C-N yang tinggi biasanya cukup sebagai pendorong terbentuknya bunga. Namun, banyak ditemukan jenis-jenis tumbuhan yang memerlukan pemicu agar bunga muncul. Pemicu ini dapat berupa suhu rendah selama beberapa waktu (vernalisasi), panjang (durasi) penyinaran (fotoperiodisme), dan kekurangan air (kekeringan). Gandum roti tipe winter (musim dingin, karena ditanam menjelang musim dingin) tidak akan berbunga jika tidak mengalami musim dingin dalam tahap pertumbuhan dan perkembangannya. Anggrek merpati memunculkan bunga apabila mengalami malam yang dingin. Berbagai kultivar yute bersifat fotoperiodik sehingga waktu tanam sangat vital dalam menentukan hasil panen. Tanaman kopi dikenal memerlukan periode kering sekitar dua bulan dan diikuti oleh hujan secukupnya untuk memicu terbentuknya bunga.
Kajian yang dilakukan pada Arabidopsis thaliana, suatu tumbuhan model, menunjukkan bekerjanya Teori ABC dalam pembentukan bunga. Substansi A diperlukan untuk membentuk daun kelopak (sepal) dan daun mahkota (petal). Substansi B diperlukan dalam pembentukan daun mahkota dan benang sari (stamen). Substansi C diperlukan untuk terbentuknya benang sari dan daun buah (carpellum, sebagai penyusun putik).
 


Jika anda berminat untuk memesan bunga, anda bisa langsung menghubungi customer service kami pada nomor berikut ini:

TOKO BUNGA BEKASI ASYKURA FLORIST
Jl. Al-Husnah RT.02 / RW.01 No.35, Kel. Jatikramat Kec. Jatiasih, Kota Bekasi 17421
Untuk pemesanan di Asykura Florist

Silahkan menghubungi kantor pusat kami melalui :
Telephone          : 0857-799-999-18
Sms / Whatsapp : 0813-19-200-789
BBM Messenger : D2A63098
Line                  : AsykuraFlorist
Email Pusat       : asykuraflorist45@gmail.com
Web Pusat         : www.asykuraflorist.com
Silahkan konsultasikan kebutuhan anda, dan dengan senang hati kami dapat melayani anda.


ATAU SECARA LANGSUNG MELALUI HANDPHONE LANGSUNG
KLIK GAMBARNYA DISINI
Untuk Informasi Lebih Lanjut Silahkan hubungi kami DISINI...!!! Klik Gambarnya


Atau ADD dan Hubungi Kami Melalui Media Sosial DISINI...!!! Klik Gambarnya
TwitterFacebookGoogle PlusLinkedInPinterestInstagram
Kunjungi juga toko bunga asykura florist lainnya Toko Bunga Karawang , Toko Bunga Bekasi dan Toko Bunga Cikarang 
Share this article :


0813.1920.0789
Email: asykuraflorist45@gmail.com | sales@bungacikarang.com

  • Telphone

  • Whatsapp

  • Email


toko-bunga-karangan-di
Privasi Terjamin 
Paket pesanan kamu dikemas dengan
kotak polos, tanpa logo, label dan
deskripsi produk.

toko-bunga-karangan-di
100% Original 
Seluruh produk yang terdapat di
AsykuraFlorist langsung kami terima
dari distributor resmi.

toko-bunga-karangan-di
Free Ongkir 
Belanja Minimal Rp 500.000 untuk Jabar,
Jakarta & Banten. Rp 650.000 untuk provinsi
lainnya. Kita bayar ongkirnya!

toko-bunga-karangan-di
Same Day Delivery 
Kami tidak ingin kamu kehilangan
momen, kamu bisa mendapatkan
pesanan di hari yang sama.

toko-bunga-karangan-di
Customer Service 
Buka Setiap Hari 24 Jam Nonstop 
0813.1920.0789
(Telphone / Whatsapp)